kata Ippo Santosa

https://hamdanyusuf.wordpress.com/2012/12/24/rangkuman-buku-marketing-is-bullshit/

RANGKUMAN BUKU MARKETING IS BULLSHIT

Posted by hamdanyusuf in UncategorizedDecember 24, 2012

Ringkasan ini saya buat hanya untuk mengingatkan saja apa yang telah saya baca dari buku bang ippho itu. Saya hanya meringkas kedelapan bullshit yang dijabarkan. Jika anda kurang paham dengan ringkasan saya maka silahkan baca bukunya. Toh ini cuman ringkasan jadi yang udah baca aja yang akan paham.

BULLSHIT #1 : HOKI ITU KEBETULAN Ternnyata HOKI itu bisa diciptakan, bukan kebetulan belaka. Karena menara HOKI itu disangga oleh pilar persiapan dan pilar kesempatan. Sedang pondasinya adalah komunikasi 3 lapis : kepada diri sendiri, kepada sesama dan kepada ALLAH yang maha kuasa. Sehingga kita harus berhati-hati dengan apa yang kita ucapkan. Karena apa yang kita ucapkan akan terealisasi. Seperti LOA. Bukankah RASUL pernah bersabda bahwa ALLAH itu seperti prasangka hambanya. Anda juga harus mengetahui sidik jari hoki anda karena setiap orang punya sidik jari hoki sendiri-sendiri. Beberapa trik kreatif untuk menciptakan hoki: Karangan bunga Lemming effect Klien pertama SMS request Konter informasi Bisikan pelanggan Titip nama Sisip nomor Collective branding Foto tokoh Untuk marketer harus : Memastikan persiapan dan kesempatan Mematikan komunikasi 3 lapis Memanfaatkan ide sendiri atau ide orang lain Memastikan penghematan, kehebatan atau kecepatan Memastikan kreativitas

BULLSHIT #2 : TEROBOSAN ADALAH PEMBOROSAN Yup karena terobosan tidak harus dengan pemborosan. Hemat pun bisa jadi hebat seperti yang dicontohkan oleh perusahaan Tata dengan mobil murahnya atau jason osbon dan jason wright yang membesut feed granola. Dengan kreativitas, sampahpun bisa jadi rupiah. Tidak percaya? Tengok aja yuliastoni yang membuat hiasan dari bulu angsa SISA pembuatan shuttle cock. Bahkan debok pisang berubah jadi dompet cantik di tangan yanto suhardani. Dengan kreativitas pula, pelanggan jadi pesuruh seperti restoran dengan konsep self-service, efisien jadi efektif, high tech jadi high touch. Berikut macam-macam cara agar terobosan tidak jadi pemborosan : Meninjau kembali komponen-komponen yang betul-betul dibutuhkan Mengolah kembali bahan-bahan sisa Menjadikan barter sebagai sistem pembayaran Menjadikan konsumen sebagai co-producer Menetapkan harga yang pasti dan wajar Berkomunikasi via internet Berpromosi via telepon genggam

BULLSHIT #3 : TEROBOSAN BUKAN KEHARUSAN Bahkan yang namanya terobosan itu adalah suatu keharusan karena tanpa terobosan maka publik akan bosan. Dan terobosan senilai puluhan bahkan ratusan juta dapat anda lakukan dengan berbagai macam cara. Misalnya : Penamaan yang greget Penyajian produk yang greget Promosi yang greget Eksploitasi internet Eksploitasi fad Eksplotasi budaya pop

BULLSHIT #4 : DIFERENSIA SUKAR DIKREASI Diferensia dapat direkatakan oleh apa saja, diferensia tidaklah sukar dikreasi. Yang jelas tanpa diferensia, semua jadi basi. Bebrapa yang dapat dijadikan diferensia : Superiority or inferiority Software atau hardware Product atau experience Place or promo Ambient vs myopia

BULLSHIT #5 : KEGIGIHAN ADALAH SEGALA-GALANYA Ternyata kegigihan dan kebranian semata tidak cukup. Intinya terletak pada “bukan sekedar-sekedar” yang maksudnya : Keyakinan, bukan sekedar keinginan Kecerdikan bkan sekedar kegigihan Kenekatan bukan sekedar kebranian Persiapan bukan sekedar pelayanan Penghasilan bukan sekedar penemuan Sisi laba bukan sekedar sisi liar

BULLSHIT #6 : PERLU METODE UNTUK MENGHASILKAN IDE Tidak penting metode yang penting dapet ide. Karena memang tidak ada metode khusus untuk menghasilkan ide. Semua metode bisa menghasilkan ide diantaranya : Kondisi kepepet Kondisi santai Kondisi spesialis Kondisi generalis Kondisi krisis Konidisi merantau Kondisi muda

BULLSHIT #7 : SEGALA SESUATU SERBA TERBATAS Orang kreatif adalah orang tanpa batas, menolak gagasan “segala sesuatu serba terbatas”. Ada beberapa pedekatan yang sudah teruji untuk menjadi kreatif : Be distinctive, amati dan cermati persoalan dengan cara yang berbeda Be imaginative, bayangakan! Be productive, hasilkan! Walaupun akhirnya nanti menuai kegagalan Be combinative, buatlah perpaduan yang baru! Be coonective, buatlah hubungan-hubungan. Be contrary, dua gagasan yang bertolak belakang tapi dua-duanya berfungsi Be metaphoric, membuat perumpamaan Be proactive, tidak takut kegagalan Dengan beragam pendekatan, bukan saja mengatasi keterbatasan tapi juga berhasil mengelola : Intuitif jadi infinitif Thought jadi thing Sakit jadi duit Konvensional jadi kontroversial Sosial jadi komersial

BULLSHIT #8 : LABA ADALAH RAJA Apa gunanya kreativitas tanpa profitabilitas? Apa gunanya profitabilitas tanpa integritas? Semakin jelas bahwa laba buka raja di raja. Sembari memutar roda bisnis, sudah semestinya seorang marketer juga mengumpulkan nilai tambah : Bulid the integrity Build the self-esteem Bulid the network Build the relationship Build the benefits

ippho-santosa

Iklan

Diterbitkan oleh

kicaucamar

seperti camar yang terbang melintas pulau menapaki waktu dengan suara ombak di https://katacamar.wordpress.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s